Apa saja 4 Komponen Utama Sebuah Data Center?

Pertama kali semenjak 1946 data center telah ada dan terus berkembang, Namun hingga sekarang, empat komponen utama data center tetap sama: penyimpanan, daya, suhu, dan keamanan. Penerapan setiap komponen terus berubah dan meningkat seiring dengan perubahan tuntutan dan teknologi, tetapi sifatnya tetap sama. Mari kita lihat lebih detail keempat komponen data center ini.

Data center adalah pusat pengolahan dan penyimpanan data yang kritis untuk operasi bisnis dan teknologi informasi. Terdapat beberapa komponen utama yang membentuk struktur dasar dari sebuah data center. Berikut adalah empat komponen utama sebuah data center:

1. Server Racks atau Cabinet: 

Server racks atau cabinet adalah tempat penyimpanan perangkat keras (hardware) seperti s​erver, switch, router, dan perangkat jaringan lainnya.​Racks biasanya dirancang untuk memaksimalkan penggunaan ruang dan menyediakan pendinginan yang efisien.

2. Perangkat Kelistrikan dan Sistem Penyuplai Daya:

Kelistrikan yang andal sangat penting untuk data center. Ini mencakup sumber daya listrik cadangan, UPS (Uninterruptible Power Supply), dan generator cadangan untuk memastikan operasional tetap berjalan tanpa henti, bahkan saat terjadi pemadaman listrik.

3. Sistem Pendinginan:

Sistem pendinginan dibutuhkan untuk menjaga suhu di dalam data center tetap stabil. Perangkat keras yang beroperasi terus-menerus menghasilkan panas, dan sistem pendinginan dirancang untuk mendinginkan ruangan dan perangkat keras tersebut.

AC (Air Conditioning) dan teknologi pendinginan canggih lainnya, seperti chiller dan sistem pendingin cair, dapat digunakan untuk menjaga suhu optimal.

4. Sistem Keamanan:

Keamanan fisik dan keamanan data sangat penting untuk data center. Ini melibatkan kontrol akses fisik, pengawasan video, sistem deteksi kebakaran, dan pengamanan data yang efektif untuk melindungi informasi yang disimpan di dalamnya.

Keamanan jaringan juga merupakan komponen penting untuk melindungi data dari serangan siber dan ancaman keamanan online.

Selain keempat komponen utama ini, beberapa data center juga dapat memiliki fasilitas tambahan seperti sistem manajemen data center, monitoring dan pemantauan suhu, kelembaban, dan efisiensi energi, serta infrastruktur jaringan yang kuat untuk menghubungkan data center dengan pengguna dan sumber daya lainnya. Setiap komponen ini bekerja bersama untuk menciptakan lingkungan yang aman, andal, dan efisien untuk penyimpanan dan pengolahan data.

Itulah empat komponen utama dari sebuah data center. Jika Anda sedang membangun data center atau tengah mempertimbangkan solusi colocation, pastikan Anda benar-benar memeriksa keempat komponen penting di atas. Dan Omadata sudah memenuhi semua itu dengan baik dengan memenuhi komitmen tersebut dengan mendapatkan ISO 9001:2015 “sistem management mutu” serta ISO 27001:2015 mengenai “kemamanan informasi”.

di dalam Articles
Masuk untuk meninggalkan komentar
Perbedaan Jenis Data Center Sesuai Kebutuhan Bisnis Anda